Awal mula kuliah MPTI

Posted by E-Partner on Kamis, Mei 15, 2014 with No comments
MPTI merupakan sebuah matakuliah wajib yang harus diambil pada semester 4. Kepanjangan dari MPTI sendiri yaitu Manajemen Proyek Teknologi Informasi. Mata kuliah ini diajar oleh 2 dua dosen yaitu Pak Holil dan Bu Tyas.
Pak Holil merupakan dosen yang memiliki segudang ilmu tentang proyek mulai dari bagaimana memulai sebuah proyek hingga pada tahap finishing proyek. Beliau dapat tau semua hal tentang proyek dikarenakan Beliau telah melakukan beberapa proyek mulai dari omzet yang biasa-biasa saja hingga omzet yang menghabiskan dana hingga miliaran rupiah. 
Di minggu atau pertemuan pertama di isi dengan pembahasan Rencana Pembelajaran (RP) dan pengenalan Tentang MPTI. Tujuan utama dari matakuliah ini adalah Mahasiswa mampu mengelola proyek Teknologi Informasi. Sedangkan beberapa kompetensi- kompetensi yang diharapkan adalah sebagai berikut

  • Mahasiswa mampu menguasai konsep & kerangka kerja manajemen proyek teknologi informasi
  • Mahasiswa mampu bekerja dalam sebuah tim
  • Mahasiswa mampu merencanakan proyek teknologi informasi
  • Mahasiswa mampu mengeksekusi rencana proyek teknologi informasi
  • Mahasiswa mampu mengendalikan proyek teknologi informasi
  • Mahasiswa mampu menutup proyek teknologi informasi.
Setelah menjelaskan isi Rencana Pembelajaran (RP) Pak Holil juga menyinggung sedikit masalah Apa itu "Proyek". Kata Beliau "Proyek" itu merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan sementara dan memberikan hasil yang unik. Pada saat itu kami masih belum paham betul mengenai konsep proyek, namun berhubung waktu matakuliah MPTI sudah habis maka penjelasan akan dilanjutkan di pertemuan selanjutnya.


To be Continued.....
Categories: