Mengenal Stakeholder Proyek

Posted by E-Partner on Kamis, Mei 29, 2014 with No comments
Stakeholder adalah orang-orang yang mana terlibat dengan proyek yang sedang kita lakukan. Berikut adalah macam stakeholder yang mana akan kita jumpai jika melakukan sebuah proyek, yaitu :

Sponsor Proyek 
Sponsor proyek adalah pihak yang membiayai berjalannya suatu proyek atau bisa dibilang juga sebagai sumber dana untuk melakukan proyek.

Manajer Proyek 
Singkatnya adalah orang yang bertanggung jawab atas terselesaikannya suatu proyek, seorang manajer proyek harus bisa bekerja bersama semua stakeholder proyek dan mengetahui kebutuhan proyek agar proyek bisa berjalan dan selesai sesuai harapan.

Tim Proyek 
Merupakan sekumpulan orang-orang dengan berbagai keahlian yang bekerja dalam proyek, orang-orang ini harus tahu material atau alat apa saja yang dibutuhkan dalam proyek, dan mereka bekerja dengan koordinasi karena ada banyak hal yang saling berhubungan (contoh, dalam membangun rumah, tukang 1 tidak bisa meletakkan lemari sebelum tukang 2 selesai membangun tembok).

Staff Pendukung 
Adalah orang yang membantu para stakeholder dalam proyek, bisa bermacam-macam seperti kontraktor, staff administratif dll. (contoh, staff administratif yang mengatur jadwal pertemuan antara sponsor, customer, supplier, tim, dll. Sehingga proyek berjalan lancar).

Supplier 
Orang yang akan mensuplai sumber daya apa saja yang dibutuhkan dalam suatu proyek, termasuk kapan harus di sediakan, dimana harus diantar dsb.

Orang di luar proyek yang terkait 
Misalnya, suatu perusahaan ingin membangun infrastruktur di suatu daerah, maka harus menemui orang yang mempunyai kepentingan di daerah tersebut seperti kepala desa, kepala daerah dll.
Categories: